Kamis, 11 November 2010

Pelaksanaan Korban di Masjid Al-Ikhlas

MELAKSANAKAN QURBAN DI MASJID AL-IKHLAS

Oleh SUDARSONO, S. Pd.

Sebagaimana sudah dilaksanakan tahun-tahun yang lalu Masjid Al-Ikhlas Tunggulrejo pada tahun ini Insya Allah akan melaksanakan penyembelihan hewan korban setelah sholat Idul Adha dilaksanakan sebagai bentuk pengamalan perintah Allah SWT :

Èe@|Ásù y7În/tÏ9 öptùU$#ur ÇËÈ

žcÎ) št¥ÏR$x© uqèd çŽtIö/F{$# ÇÌÈ

2. Maka Dirikanlah shalat Karena Tuhanmu; dan berkorbanlah[1605].

3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus[1606].

[1605] yang dimaksud berkorban di sini ialah menyembelih hewan qurban dan mensyukuri nikmat Allah.

[1606] maksudnya terputus di sini ialah terputus dari rahmat Allah.

Menyembelih qurban termasuk amal salih yang paling utama. Ibunda ‘Aisyah radhiyallahu’anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Iedul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dengan sanad sahih.

Insya Allah Jumlah Udh-hiyah atau hewan ternak yang akan disembelih berupa : 3 Ekor sapi dan beberapa kambing. Jumlah tersebut bila di banding jumlah jama’ah pengajian rutin Jum’at Sore sudahlah memadahi. Karena jumlah jama’ah pengajian ± 200 orang. Dan dana yang terkumpul ± Rp. 21.000.000,-

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu beliau mengatakan, “Dahulu kami penah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu tibalah hari raya Iedul Adha maka kami pun berserikat sepuluh orang untuk qurban seekor onta. Sedangkan untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang.” (Shahih Sunan Ibnu Majah 2536, Al Wajiz, hal. 406)

Pelaksanaan yang sesuai dengan bunyi hadits di atas adalah berjumlah 2 ekor Sapi, dimana 1 ekor sapi di tunaikan oleh 7 orang, sehingga jumlah 2 ekor sapi yang Insya Allah akan disembelih di adakan oleh 14 orang. Alhamdulillah semoga saja amal saudara-saudara kita diterima oleh Allah SWT. Amin.

Jumlah yang menunaikan korban 2 ekor kambing berjumlah 2 orang. Sedang untuk 1 ekor sapi dan Insya Allah masih ada beberapa ekor kambing di tunaikan secara kolektif.

Semuanya Insya Allah ditunaikan dalam rangka melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT. Dan semoga amal kita diterima oleh Allah SWT. Amin ya robbal alamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar